Cara Mengelola Gaji Rp 3 Juta Secara Maksimal

Cara mengatur gaji 3 juta memang tidak mudah. Terlebih lagi, jika kamu tinggal di kota besar, sudah menikah atau punya tanggungan. Tingginya biaya hidup dan semakin beragamnya kebutuhan karena tanggungan cukup menantang untuk mengelola gaji sebesar itu.

Tapi bukan berarti tidak mungkin.

Ada kebutuhan yang harus dihilangkan, ada alokasi yang harus dihemat, hingga mencari penghasilan tambahan adalah solusinya.

Tips Mengatur Gaji 3 Juta

Di sebagian besar provinsi Indonesia, gaji 3 juta sudah diatas UMR. Tapi, tidak menjamin terpenuhinya kebutuhan individu. Ya, karena pengeluaran setiap orang berbeda.

Mungkin kamu salah satunya.

Ada berbagai kondisi yang membuat gaji sejumlah ini tidak cukup. Bisa jadi karena punya tanggungan keluarga, biaya perawatan atau kebutuhan yang lainnya.

Meskipun gaji 3 juta tidak cukup untukmu, namun kamu masih bisa lho mengelolanya secara maksimal. Berikut ini tipsnya.

1. Identifikasi Pengeluaran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya. Yang dimaksud disini bukan melakukan pencatatan, tapi mengidentifikasi dan jumlahnya.

Misalkan, tempat tinggal, transportasi, pulsa & data, makanan, rumah tangga, orangtua, atau yang lainnya. Masing-masing berapa banyak uang yang diperlukan.

Kamu harus membuat pos-pos pengeluaran yang rutin dilakukan beserta nominalnya. Ya, silahkan catat terlebih dahulu agar terlihat dengan jelas.

Berikut ini contoh pos pengeluaran anak kos dan masing lajang :

No.AlokasiNominal
1.KosRp 600.000
2.MakanRp 800.000
3.Internet & PulsaRp 100.000
4.TransportasiRp 250.000
5.Kirim ke orangtuaRp 500.000
6.JajanRp 300.000
7.SimpananRp 250.000
8.Lain-lainRp 200.000
TotalRp 3.000.000
Contoh Pos Pengeluaran Bulanan

Kamu menyesuaikan dengan pos pengeluaran sesuai kondisi yang sebenarnya. Bahkan, jika ditotal hasilnya pengeluaran lebih besar dari pemasukan tidak masalah.

2. Evaluasi Pengeluaran

Setelah mengetahui gaji dialokasikan kemana saja, selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Dalam tips ini kita berusaha agar gaji Rp 3 juta dikelola secara maksimal.

Coba cek masing-masing pos. Apakah ada yang bisa dikurangi? Misalkan untuk makanan yang semula Rp 800.000 per bulan, apakah mungkin dikurangi jumlahnya?

Katakanlah Rp 800.000 karena katering atau makan di warung makan, apa memungkinkan jika diganti dengan masak sendiri? Tentu jauh lebih menghemat. Bisa jadi, dengan masak sendiri pengeluaran makan hanya Rp 600.000.

Misalkan tempat tinggal saat ini sewa seharga Rp 600.000 per bulan, apakah memungkinkan pindah untuk cari tempat lain yang lebih murah dan tercukupi?

Atau coba cek kembali, apakah ada pengeluaran yang bisa dihapus seutuhnya?

Dari langkah ini kamu bisa mencari peluang pos yang masih dapat diubah. Memaksimalkan setiap alokasi tanpa mengurangi taraf kebutuhan dasar, bahkan alokasi bisa dipindahkan ke hal lain yang lebih penting.

Maksimalkan Sumber Daya

1. Hidup Sederhana dan Irit

Pernahkah mendengar istilah,”Pengeluaran akan semakin besar seiring penghasilannya”. Dengan gaji 3 juta, aturlah pengeluaran seoptimal mungkin, namun tetap memenuhi dan menyenangkan kebutuhan dasar kamu.

Berusaha menghemat dengan berbagai cara.

Misalnya, hanya berbelanja ketika sedang ada diskon. Boleh jajan dan nongkrong diluar dengan potongan harga. Atau menego sewa tempat tinggal,- bayar 3 bulan sekaligus, tapi lebih murah.

Dan trik berhemat lainnya.

2. Cari Tambahan

Jika kamu sadar bahwa pemasukan Rp 3 juta sekedar pas-pasan saja. Tidak bisa nabung, tidak bisa jajan, sulit beli barang impian. Maka, sudah saatnya kamu berusaha lebih keras dari sebelumnya.

Cara pekerjaan tambahan diluar jam kerja utama kamu. Menjadi pekerja paruh waktu, kerja yang dapat dilakukan secara online, hingga berbisnis dengan modal kecil.

Uang tambahan ini dapat kamu gunakan untuk menutupi kekurangan dari penghasilan utama. Tapi ingat, sekalipun kamu punya sumber penghasilan tambahan, jangan sering menghabiskan untuk hal-hal konsumtif.

3. Tingkatkan Kemampuan

Mari kita anggao bahwa penghasilan dengan gaji Rp 3 juta didapatkan dari pekerjaan yang biasa-biasa saja. Jika ingin gaji lebih besar, maka kamu harus meningkatkan kemampuan diri.

Entah itu naik jabatan atau mencari pekerjaan lainnya. Tentunya butuh kemampuan dan ilmu yang lebih.

Kamu harus menambah wawasan dan ilmu dengan belajar lebih banyak. Bisa belajar dari internet, youtoube, ambil kursus luring atau belajar di kelas udemy.

Rumus Pengelolaan Gaji

Untuk bukan tips dari cara mengatur gaji Rp 3 juta, melainkan rumus yang umumnya digunakan dalam mengelola gaji.

Ada 3 alokasi utama saat kamu baru mulai mengelola keuangan pribadi, yaitu :

  1. Alokasi biaya hidup
  2. Alokasi investasi
  3. Alokasi senang-senang

Alokasi biaya hidup adalah alokasi untuk kebutuhan hidup bulanan seperti tempat tinggal, makanan, pakaian, transportasi dan lainnya.

Alokasi investasi adalah alokasi yang disisihkan untuk berinvestasi seperti di reksadana, saham, p2p lending atau bisnis.

Alokasi senang-senang adalah alokasi untuk mendukung kebahagiaan seperti nonton bioskop, jalan-jalan bersama teman, makan diluar atau main wahana dan lain sebagainya.

Ada berbagai rumus yang digunakan, salah satunya adalah 50-30-20. Misalnya untuk contoh penghasilan Rp 3 juta. Maka, menjadi seperti di tabel dibawah ini.

AlokasiPersentaseNominal
Pengeluaran50%Rp 1.500.000
Investasi30%Rp 900.000
Senang20%Rp 600.000
Contoh alokasi menggunakan rumus 50-30-20

Namun, tidak semua orang cocok menggunakan rumus ini. Misalnya karena punya pengeluaran yang tinggi.

Rumus bisa diganti menjadi 70-20-10, 80-5-15, atau rumus lainnya.

Rumus-rumus ini dapat disesuaikan dengan penghasilan dan pengeluaran kamu. Kegunaannya adalah untuk memudahkan perhitungan saja.

Kesimpulan

Bagaimana cara mengatur gaji Rp 3 juta?

Yang pertama kali kamu lakukan adalah mencatat arus pengeluaran yang dilakukan setiap bulan. Kedua, lakukan evaluasi terhadap pengeluaran tersebut. Apakah ada yang bisa dimaksimalkan, dikurangi atau dihilangkan?

Selanjutkan gunakan sumber daya yang kamu miliki seperti kemampuan hidup sederhana dan irit, cari penghasilan sampingan, dan belajar untuk tingkatkan kemampuan sehingga memperoleh gaji yang lebih baik.

Selamat mencoba dan jangan menyerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here